Vihara Budhayana

Vihara Budhayana merupakan vihara yang terbengkalai, letaknya di Jalan Sareh no.27, Pesanggrahan, Kota Batu. Bangunannya hanya berukuran 4 x 6 m dengan satu kuti, berdiri sejak 1950 dan menjadi tempat pembinaan ajaran Buddha di kota Batu. Bangunan ini menjadi saksi bisu perkembangan agama Buddha di daerah Batu, Jawa Timur. Vihara ini sangat sederhana, menggambarkan ajaran Dharma yang penuh dengan kesederhanaan.

Dahulu yang mengurus vihara ini adalah Romo Dayama masih hidup sanggar selalu penuh dipadati umat yang belajar Dharma. Tahun 2000 Romo Dayama meninggal, kemudian digantikan dengan muridnya yaitu Pak Karnoto. Pak Karnoto pun membina sanggar tidak lama dan tidak maksimal karena pada waktu itu kondisinya sudah sepuh dan sakit-sakitan. Pak Karnoto menjadi pembina hanya selama 3 tahun, kemudian meninggal pada tahun 2004. Sejak itu banyak umat yang tidak terbina dan kondisi sanggar tidak seramai dulu. Tidak ada keluarga Romo Dayama dan Pak Karnoto yang mewarisi ajaran Dharma. Bahkan ketika Pak Karnoto meninggal, jenazahnya tidak dimakamkan secara Buddhis, karena anak dan cucunya tak mempelajari agama Buddha.

Akhir-akhir ini, terdengar kabar bahwa vihara atau sanggar ini akan dijadikan sebagai Tempat Pendidikan Jawa (TPJ) oleh warga sekitar. Inisiatif ini muncul dari tokoh-tokoh masyarakat di sekitar Jl. Sareh. Otomatis sanggar tak lagi difungsikan sebagai vihara karena selama hampir beberapa tahun tak lagi aktivitas kerohanian yang dilakukan secara kolektif oleh umat Buddha. 

Peta Lokasi


 

Destinasi Selanjutnya
Written by admin

Leave a comment